Ganti Judul dan ALt sendiri

Wajib Dicoba! Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Produktif

Hallo, Happymoms!
Apa kabar? Sehat-sehat ya? Semua aktivitas lancar kan? Saya doakan semua Mommies yang membaca artikel ini sehat selalu dan dapat menjalankan semua aktivitas sebagai ibu rumah tangga dengan baik.
 
Sebagaimana sudah kita bahas di dua artikel sebelumnya ya, bahwa kita harus bisa menjadi ibu rumah tangga yang bahagia dan kreatif. Meskipun pekerjaan kita seabreg, sambung-menyambung seperti tak ada ujungnya. Harus tetap strong! Dan ada satu lagi jurus yang harus kita kuasai, yaitu menjadi ibu rumah tangga yang produktif. Wah, bagaimana itu? Yuk, kita bahas!


Tips menjadi ibu rumah tangga yang produktif

Produktif dan Manfaatnya

Sebelum kita masuk ke pembahasan, kita samakan persepsi dulu ya, Moms. Tentang apa produktif, produktivitas dan manfaatnya kaitannya dengan sosok ibu yang produktif. 

Produktif  ala Ibu Rumah Tangga 

Yang dimaksud dengan produktif di sini adalah ketika kita mampu memanfaatkan waktu yang ada untuk menyelesaikan pekerjaan secara maksimal.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), produktif adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu dalam jumlah besar atau maksimal. 
Contohnya, seorang ibu dengan anak usia toddler. Waktu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga sangat terbatas karena lebih banyak waktunya dipakai untuk mendampingi si anak "paling sibuk sedunia" ini. Maka saat jam tidur anaknya, misal selama 2 jam, ibu gunakan untuk mencuci, memasak, membereskan rumah, melipat baju/setrika, dan sebagainya. Nah, saat banyak tugas bisa dikerjakan dalam waktu terbatas dengan hasil maksimal, itulah yang disebut dengan produktif. 

Oh ya, dalam artikel ini kita akan fokus membahas tentang produktivitas ibu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga ya. Belum tentang bagaimana bisa produktif juga di luar rumah. Insya Allah akan kita bahas di kesempatan berikutnya. 
Produktivitas artinya bersifat atau mampu menghasilkan (dalam jumlah besar) - KBBI

Manfaat Menjadi Ibu yang Produktif

Menjadi sosok yang produktif akan membawa banyak manfaat bagi ibu rumah tangga. Yaitu, bisa memaksimalkan waktu yang kita miliki. Bisa menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu terbatas. Mendapatkan hasil yang lebih maksimal dengan usaha yang terbatas. 

Jika semua pekerjaan rumah tangga bisa dikerjakan secara produktif, ibu bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk mendampingi anak, melakukan hobi atau aktivitas me time lainnya. Juga memungkinkan Happymoms untuk mempunyai aktivitas di luar rumah. 

Anjuran untuk Produktif

Menjadi sosok yang produktif menjadi salah satu karakter seorang muslim. Banyak anjuran yang Allah SWT sampaikan agar kita bisa optimal dalam beramal. 
"Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain." - QS. Al-Insyirah:7 
Dalil di atas bisa dijadikan rujukan agar kita selalu produktif dalam segala hal. Baik dalam konteks urusan duniawi maupun ibadah. Kita dianjurkan untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin sehingga ada banyak amal yang bisa dilakukan dan tidak ada waktu yang terbuang dengan sia-sia. 
Dari Aisyah a.s, bersabda Rasulullah Saw: “Allah ʽazza wa jalla menyukai jika salah seorang di antara kalian melakukan suatu amal secara itqan.” - HR: Ath-Thabrani 
Yang dimaksud dengan itqan adalah melakukan pekerjaan atau amalan secara efektif dari segi proses dan efisien dari segi waktu sehingga dapat diselesaikan secara optimal/maksimal. 

Jadi, meskipun kita sebagai ibu rumah tangga dengan tugas-tugas domestik, harus tetap produktif, ya, Moms.  

Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Produktif

Setelah kita bahas makna, manfaat, dan dasar anjurannya, selanjutnya kita bahas bagaimana cara menjadi ibu rumah tangga yang produktif. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, disimak! 

1. Pola Hidup Yang Teratur

Hal pertama yang harus Happymoms lakukan adalah membiasakan diri untuk hidup secara teratur. Aktivitas sebagai ibu rumah tangga sebenarnya adalah tugas-tugas yang sama, berulang, yang kita lakukan setiap hari. Hal ini salah satu pemicu stress pada ibu rumah tangga. 

Maka setelah memperhatikan aktivitas harian, kita bisa membuat pola yang teratur. Apa saja pekerjaan yang harus diselesaikan di pagi hari, siang, sore dan malam hari. Berapa lama durasi masing-masing pekerjaan untuk diselesaikan. Dari situ kita petakan waktu pengerjaannya. 

Tips menjadi ibu rumah tangga yang produktif

Selain membuat pola yang teratur untuk aktivitas harian, Happymoms perlu juga mempunyai pola untuk hidup sehat, seperti makan sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, olah raga yang teratur dan waktu untuk refreshing

Dengan pola yang aktivitas dan hidup yang teratur akan memudahkan kita untuk lebih produktif. 

2. Scheduling Anti Pusing

Beberapa waktu yang lalu saya sempat mengikuti kelas pelatihan Ibu Rumah Tangga Profesional. Salah satu materi yang disampaikan adalah tentang pembuatan jadwal atau to do list. 

Kenapa perlu dibuat? Agar memudahkan kita untuk memilah dan mengatur kapan tugas tersebut harus diselesaikan. 

Happymoms pasti mengaminkan statement bahwa pekerjaan ibu rumah tangga itu tak ada habisnya. Jika semua harus diselesaikan dalam satu hari, tidak cukup waktu 24 jam. Oleh karena itu kita perlu membuat jadwal untuk tugas harian, mingguan, bulanan dan isidental. 

Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Produktif

Jika sudah ada pembagian seperti ini pastinya kita lebih produktif dalam menyelesaikan ya, Moms. Karena jelas apa yang kita akan lakukan dan bisa fokus mengerjakannya. 

Mommies pernah mengalami, saat melakukan satu pekerjaan sambil kepikiran pekerjaan lain yang juga harusnya segera diselesaikan. Duh, beneran bikin pusing, ya. Dengan pembuatan jadwal, kita lebih tenang karena semua pekerjaan sudah ada waktu untuk pengerjaannya. 

Agar pikiran makin tenang dan fokus, Happymoms juga perlu membuat rencana keuangan (financial plan) dan daftar menu (meal plan) dalam satu bulan. Dua hal ini meringankan pikiran kita dan menghemat waktu saat harus belanja dan masak. Tinggal sat-set dan bisa segera melakukan kegiatan yang lain. 

3. Prioritas Aktivitas

Adakalanya pelaksanaan tidak sesuai dengan rencana dan jadwal ya, Moms. Bisa jadi karena ada acara atau tamu dadakan, anak atau kita yang sakit, atau kondisi urgent lainnya. 

Saat hal itu terjadi maka kita harus bisa membuat Prioritas Aktivitas. 

Kaidah dalam menentukan prioritas secara umum adalah :

a. Dahulukan aktivitas yang mendesak dan penting

Aktivitas yang mendesak atau urgent dan penting menjadi prioritas utama. Harus segera dikerjakan agar tidak menggangu kondisi keluarga/ pekerjaan yang lain. 

b. Lakukan aktivitas yang penting tapi tidak terlalu mendesak

Aktivitas yang penting tetap harus didahulukan setelah memenuhi hal lain yang lebih urgent. Karena jika hal penting tidak segera diselesaikan malah bisa terabaikan atau bahkan terlupakan. 

c. Lakukan dari yang mudah dan ringan

Melakukan pekerjaan yang mudah dan ringan terlebih dahulu berguna untuk membangkitkan mood dan semangat. Jika berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan, kita merasa senang. Perasaan senang ini membuat kita lebih bersemangat untuk melakukan pekerjaan berikutnya (yang lebih berat/rumit). 

d. Jangan menunda pekerjaan

The last but not the least! Tidak menunda pekerjaan adalah koentji sukses produktivitas ibu rumah tangga. Semua jadwal, planning, to do list, apapun namanya,  tidak akan berguna kalau kita suka menunda pekerjaan. 

Maka, hati-hati ya, Moms. Hati-hati kalau sedang scrolling media sosial ya, Moms. Jangan sampe kelamaan, dan tidak sadar waktu. Hiks...

Apalagi kalau sedang bad mood ya, Moms. Waduuh, harus segera diatasi, ya. Agar tidak keterusan. Jangan sampai kita gagal produktif hanya karena mood.  

4. Bekerja Sama dengan Anggota Keluarga

Pekerjaan rumah tangga sebenarnya bukan hanya tanggung jawab ibu. Seluruh keluarga juga punya tanggung jawab yang sama untuk menjaga rumah tetap rapi, bersih, dan teratur. 

Maka Happymoms bisa melibatkan suami dan anak-anak untuk membantu menyelesaikan tugas harian pekerjaan rumah tangga. Selain akan meringankan tugas Mommies, hal ini juga sebagai latihan untuk mendidik kemandirian anak, kepekaan dan tanggung jawab terhadap keluarga. 

Dengan bantuan anggota keluarga, Happymoms bisa lebih mengefektifkan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan berikutnya. 

Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Produktif

Jadi Ibu yang Aktif dan Produktif, Siapa Takut!

Banyaknya pekerjaan di rumah jika dibayangkan pasti akan membuat pusing kepala ya, Moms. Karena banyaknya hal yang harus kita selesaikan dalam waktu yang terbatas.

Jika tidak kita siasati dengan baik, maka semua akan keteteran, terbengkalai dan membuat stress. Dengan membiasakan pola hidup yang teratur, membuat berbagai macam jadwal aktivitas dan juga dukungan keluarga, Insya Allah semua bisa terselesaikan dengan baik. 

Menjadi ibu rumah tangga yang produktif itu wajib karena banyaknya peran yang harus kita lakukan dalam satu waktu. Semakin kita produktif semakin banyak kebaikan yang kita bisa upayakan untuk orang-orang di sekitar kita. 

Dan yang lebih utama, hidup yang produktif membuat ibu rumah tangga menjadi lebih bahagia, berharga dan mampu menghasilkan karya. 

Yuk, dicoba berbagai tips di atas. Dan... jadi ibu rumah tangga yang bahagia, kreatif, aktif dan produktif, siapa takut! 


Selamat menjalankan aktivitas.

💕💕

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan dibaca juga postingan lainnya.
Dan Mohon tidak meninggalkan link hidup. Jika terdapat link hidup, mohon maaf komentar akan dihapus.