Ganti Judul dan ALt sendiri

Berapa Gaji Blogger Pemula? Ini Bocorannya!

Berapa gaji blogger pemula, ini bocorannya!

Hallo, Happymoms! 

Sudah lama kita tidak mengobrol tentang blogging, ya. Selepas mengikuti kelas Blogspedia Coaching tahun lalu, saya memang konsentrasi untuk mengisi blog ini dengan artikel-artikel sesuai niche. Tapi ternyata untuk konsisten posting itu butuh perjuangan banget. Beruntung bertemu dengan Mom Queen a.k.a Coach Yuni yang mengadakan kelas arisan backlink plus membagi materi tentang Riset Keyword. Mau nggak mau, saya jadi harus nulis dan terus posting. Alhamdulillah jadi dapat lecutan semangat.

Riset keyword ini penting banget sebelum kita menulis artikel blog lho, Moms. Karena keywords ini yang akan menentukan apakah artikel kita akan nangkring di google search engine dan seberapa sering artikel kita akan diakses oleh pembaca. Apalagi kalau mau mendapatkan cuan dari blogging, harus banget paham. Eeh, tapi apa iya nulis artikel di blog bisa menghasilkan? Iya, dong! Penasaran sama berapa gaji blogger pemula? Sini, Moms saya spill. Plus akan saya bocorin juga 3 cara mendapatkan job. Simak artikelnya sampai akhir, ya!


Blogging, Hobi yang Bisa Menghasilkan Cuan

Kebanyakan para mom blogger memulai aktivitas menulis di blog, karena hobi. Atau sebagian lagi sebagai tempat curhat dan menuliskan uneg-uneg. Tapi ternyata blogging bisa menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. 

Kok bisa?

Bisa, dong! Karena saat ini konsumen akan mencari rekomendasi dan ulasan tentang suatu produk, sebelum mereka memutuskan untuk membeli. Berdasarkan data survey yang dilakukan oleh brightlocal.com 36% konsumen menggunakan dua situs untuk mencari informasi. Sebanyak 80% mencari melalui google. Dan blogger lokal menjadi salah satu referensi para konsumen sebanyak 19%. 

Berapa gaji blogger pemula
Sumber gambar : brightlocal.com 

Dan menurut data statistik pembaca blog, yang dilansir oleh Master Blogging, sejumlah 83% pengguna internet atau sekitar 4.44 miliar orang, membaca postingan blog. 

Happymoms sendiri juga sering melakukannya kan? Mencari info tentang suatu produk dan menemukan ulasan yang rinci dari salah satu artikel blogger. 

berapa gaji blogger pemula
sumber gambar : masterblogging.com

Blog sudah menjadi bagian dari marketing yang dipakai banyak brand dan perusahaan. Ulasan atau rekomendasi personal blogger sangat sesuai dengan strategi emosional marketing yang sedang happening saat ini. Pembaca bisa lebih related dengan apa yang disampaikan dan merasa yakin setelah membaca pengalaman si blogger. 

Maka dari itu, ada banyak peluang lho untuk para mommies menghasilkan cuan dari blogging. 


Jenis Job untuk Blogger 

Seperti sudah saya singgung di atas ya, Moms, ada banyak peluang job untuk blogger terutama terkait bidang marketing.

1. Job Review

Job review adalah membuat artikel review atau ulasan. Bisa tentang suatu produk, jasa, pelaksanaan suatu event, atau pun ulasan dari sebuah instansi/perusahaan. 

Ini adalah job yang paling umum didapatkan oleh para blogger. Biasanya brand/perusahaan akan menyesuaikan dengan niche atau tema blog, sehingga mendapatkan segmen konsumen yang pas. 

Blogger akan mendapatkan sample produk, kesempatan mencoba (jasa), diundang hadir ke event juga penjelasan detail sehingga mempunyai pengetahuan dan pengalaman langsung untuk ditulis dalam artikel.

2. Content Placement (CP) atau Sponsored Post (SP) 

Jika dalam job review blogger diminta menulis artikel sendiri, di CP atau SP ini blogger hanya tinggal memposting artikel yang sudah dipersiapkan oleh brand/perusahaan. Lebih mudah, ya. Istilahnya nitip posting aja. Biasanya artikel tersebut boleh diedit untuk disesuaikan dengan gaya tulisan si blogger. 

3. Pasang Banner 

Blogger juga bisa mendapatkan cuan dari pemasangan banner logo brand/perusahaan di blog. Banner tersebut akan dilengkapi dengan link ke website/media sosial brand tersebut. 

Hampir sama dengan CP, job ini hanya tinggal pasang saja banner. Sehingga logo brand/perusahaan tersebut akan muncul di tampilan blog kita. 

berapa gaji blogger pemula

Selain ketiga jenis job di atas yang bisa menjadi sumber gaji blogger, masih adalagi yang lain. Yaitu : 

4. Job Backlink 

Job Backlink adalah memasukkan backlink dari brand/perusahaan klien ke dalam artikel yang kita tulis. Hampir mirip dengan job review, ya. Tapi biasanya ketentuan penulisan artikel tidak sedetil job review. Yang penting adalah link tersebut masuk ke artikel kita. 

Jadi blogger bebas berkreasi akan membahas tentang apa, tetapi tetap dengan tema yang sesuai dengan backlink pesanan klien. 

5. Monetisasi Blog

Penghasilan blogger juga bisa didapatkan dari melakukan monetisasi blog. Yaitu menghubungkan blog kita dengan Google AdSense. Maka akan muncul tayangan iklan di sela-sela artikel kita. 

Jika pembaca blog kita melakukan klik tayangan iklan tersebut, maka blogger akan mendapatkan kompensasi/fee.

6. Lomba Blog 

Ternyata mengikuti lomba atau kompetisi blogging juga bisa menghasilkan cuan, lho Moms. Besaran hadiahnya juga lumayan, apalagi kalau penyelenggaranya adalah brand/perusahaan besar. Lumayan pakai banget. 

Hampir seperti job review, biasanya tema blog akan telah ditentukan. Juga disediakan data dan informasi lengkap terkait dengan tema untuk dicantumkan dalam artikel. 

Bagaimana, Happymoms? Cukup menarik kan job-job blogger yang bisa menghasilkan cuan. 


Berapa Gaji untuk Blogger Pemula 

Nah, ini adalah pertanyaan yang paling membuat penasaran, Happymoms tentunya. Berapa sih gaji untuk blogger pemula? 

Sebenarnya saya sendiri kurang tahu berapa standar umumnya gaji seorang blogger. Tapi alhamdulillah, selama kurang lebih setahun blogging, saya sudah beberapa kali mendapatkan job. Jadi saya spill saja penghasilan blogger (amat sangat) pemula sesuai pengalaman pribadi, ya. 

Berapa gaji blogger pemula

Mulai dari 75-80 ribu 

Sebenarnya ini bukan job pertama saya. Tapi sepertinya ini artikel berbayar pertama yang saya posting di blog pribadi. Kecil ya, nominalnya? Hehe... Tapi tetap saya ambil, sebagai latihan untuk meningkatkan kemampuan saya menulis dan menambah jam terbang. 

Job ini saya dapatkan dalam rangka memeriahkan event lomba blog sebuah brand besar di Indonesia. Tapi kok nominalnya kecil? Iya, karena saya mendapatkan job ini dari agency talent, sehingga sudah ada potongan fee untuk agency. 

Kisaran 125-150 ribu 

Menulis artikel dengan gaji blogger pemula, 125-150 ribu ini saya dapatkan dari brand suatu produk. Jadi, saat itu saya membuat artikel review produk. 

Panjang artikel yang diminta biasanya sekitar 800 kata, tapi biasanya saya membuat lebih panjang. Dengan ketentuan keyword dan backlink. Tidak ada ketentuan harus revisi artikel sebelum tayang, hanya dipastikan sesuai tema dan ketentuan tadi. 

Hingga 250 ribu plus 

Saya pernah mendapatkan fee lebih dari 250 ribu dari job backlink. Sebenarnya nominal yang saya pasang adalah 350 ribu tapi ada potongan untuk biaya admin di situs perantara. 

Ketentuan penulisan artikel seperti yang sudah saya cantumkan di atas ya. Job ini lumayan besar bagi saya, sebagai blogger pemula, yang newbie dan blognya masih ala kadarnya, hee .... 

Sebenarnya ada standar minimal fee untuk satu artikel blog tidak, sih? 

Kalau menurut saya tidak ada patokan pastinya, ya. Karena semua tergantung pada performa blog, kemampuan dan pengalaman blogger serta budget dari klien sendiri. 

Semakin bagus performa blog, dilihat dari page view, domain authority, dan indikator lainnya, maka semakin "mahal" harga tayang artikelnya. Juga reputasi blogger sangat menentukan. Semakin kuat branding, ahli di bidangnya dan tingginya skill menulis, juga akan semakin mahal pula jasanya. 

Jadi untuk para blogger pemula, meningkatkan performa blog dan jam terbang menulis itu kudu bin wajib dilakukan. Perjuangan di awal untuk merintis jalan menuju blogger profesional. 

Sssstt, tapi saya pernah dapat bocoran dari para senior di dunia blogging, kisaran fee yang bisa kita ajukan jika mendapatkan tawaran job. Untuk jenis sponsored post kisaran 300-350 ribu. Dan untuk Content Placement kisaran 200-250 ribu. 

Jadi, berapa total gaji untuk blogger pemula? Tergantung! Hahaha... Tergantung seberapa sering dia mendapatkan job. Semakin sering mendapatkan job tentu semakin besar pendapatan yang dihasilkan. Nah, pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara mendapatkan job-nya?

Next, scroll ke bawah ya! 


Cara Mendapatkan Job untuk Blogger 

Setelah membahas jenis job dan besaran gaji bagi blogger pemula, tidak lengkap kalau kita tidak membahas bagaimana cara mendapatkan jobnya. 

Secara umum, Happymoms sebagai new mom blogger bisa mendapatkan job blogging dengan tiga cara ini, 

1. Dihubungi oleh Klien 

Brand/perusahaan biasanya akan mencari blog-blog yang sesuai dengan branding mereka. Jika mereka suka dengan gaya penulisan juga performa blog kita, mereka akan menghubungi kita via email/media sosial. 

Di sinilah pentingnya kita membuat tampilan blog yang menarik, artikel yang informatif, konsisten posting dan juga performa blog yang baik. Karena ternyata para klien melakukan hunting secara langsung dengan mengunjungi blog kita. 

2. Management Blogger 

Saat ini sudah banyak sekali management blogger atau komunitas blogger yang sering membagikan informasi job. Brand/perusahaan akan menghubungi management/komunitas untuk mendapatkan blogger yang pas. 

berapa gaji blogger pemula
sumber gambar : Kelas ABL#4
Kita diminta untuk mengisi form pendataan yang selanjutnya akan di-screening oleh klien, blog mana yang sesuai dengan ketentuannya. Di sini niche blog menjadi salah satu pertimbangan penting. 

Seperti pengalaman pribadi, saya banyak mendapatkan job dari management dan komunitas blogger. Jadi buat Mommies yang beneran pengen fokus jadi blogger profesional, wajib gabung komunitas, ya!.

3. Referensi Teman 

Inilah salah satu keutamaan menjalin silaturahim, memperbanyak rezeki. Salah satunya adalah sebagai jalan hadirnya job blogging. Di hampir semua komunitas yang saya ikuti, jika ada satu orang yang mendapatkan informasi tentang job blogging pasti akan di share di grup. Beberapa kali saya juga mendapatkan info langsung dari personal. 

Jadi tidak perlu pelit info ya, Moms. Rezeki itu tidak akan tertukar. Justru dengan berbagi akan semakin banyak berkahnya. Satu lagi, selalu menjaga hubungan baik dengan blogger lain, karena kita tidak pernah tahu dari mana datangnya rezeki. 


Hasilkan Cuan dari Blogging ... Mau, kan?

Blogging bisa menjadi salah satu sumber cuan bagi Mommies, para ibu rumah tangga. Tentu tidak semudah itu, membuat blog lagi serta Merta mendapatkan job. Ada banyak hal yang harus dilakukan agar blog kita layak dan bisa mendatangkan penghasilan bagi kita. Semoga dilain kesempatan bisa kita bahas, ya. 

Ada banyak jenis job untuk blogger, mulai dari menulis artikel hingga pemasangan banner atau iklan. Semua bisa mendatangkan cuan. 

Berapa pun besarnya gaji untuk blogger pemula, harus menjadi titik balik untuk terus meningkatkan kualitas diri agar semakin layak disebut sebagai blogger profesional. Jadikan hal itu sebagai apresiasi atas kerja keras kita selama ini, dan menjadi penyemangat untuk lebih baik lagi. 

Yuk, Moms kita hasilkan uang dari blogging. Mau, kan...kan...? 

Happy blogging 💕


‹ OlderNewest ✓

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan dibaca juga postingan lainnya.
Dan Mohon tidak meninggalkan link hidup. Jika terdapat link hidup, mohon maaf komentar akan dihapus.